Selasa, 12 Juni 2012

CIVIC EDUCATION


SOAL FINAL TEST CIVIC EDUCATION
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2011/2012



1.      JELASKAN HUBUNGAN SERTA PENTINGNYA GEOSTRATEGI DAN GEOPOLITIK DALAM RANGKA MEWUJUDKAN TUJUAN NASIONAL DAN KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA!

2.      MENURUT SAUDARA, MANA YANG LEBIH PENTING DIANTARA MEMPERBAIKI DAN MERUMUSKAN UNDANG-UNDANG YANG SEIDEAL MUNGKIN ATAU MEMPERBAIKI POLA FIKIR DAN KARAKTER MASYARAKAT UNTUK MEWUJUDKAN TUJUAN NASIONAL.
JELASKAN ALASANNYA DAN HUBUNGKAN DENGAN PANCASILA SEBAGAI LANDASAN HIDUP BERBANGSA DAN BERNEGARA!

3.      BAGAIMANA MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI DI LINGKUNGAN ANDA?

4.      JELASKAN (MENURUT SAUDARA) KARAKTER MASYARAKAT INDONESIA YANG PERLU DIKEMBANGKAN UNTUK MEWUJUDKAN “INDONESIA SEBAGAI NEGARA MAJU”!

SELAMAT BEKERJA!!!

3 komentar:

  1. NAMA : AHMAD MUNADIR
    STAMBUK : 21122045
    JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

    1. JELASKAN HUBUNGAN SERTA PENTINGNYA GEOSTRATEGI DAN GEOPOLITIK DALAM RANGKA MEWUJUDKAN TUJUAN NASIONAL DAN KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA!
    Jawab :
    HUBUNGAN SERTA PENTINGNYA GEOSTRATEGI DAN GEOPOLITIK DALAM RANGKA MEWUJUDKAN TUJUAN NASIONAL DAN KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK
    Sebagai satu kesatuan negara kepulauan, secara konseptual, geopolitik Indonesia dituangkan dalam salah satu doktrin nasional yang disebut Wawasan Nusantara dan politik luar negeri bebas aktif. sedangkan geostrategi Indonesia diwujudkan melalui konsep Ketahanan Nasional yang bertumbuh pada perwujudan kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. Dengan mengacu pada kondisi geografi bercirikan maritim, maka diperlukan strategi besar (grand strategy) maritim sejalan dengan doktrin pertahanan defensif aktif dan fakta bahwa bagian terluar wilayah yang harus dipertahankan adalah laut. Implementasi dari strategi maritim adalah mewujudkan kekuatan maritim (maritime power) yang dapat menjamin kedaulatan dan integritas wilayah dari berbagai ancaman. Selain itu hubungan geopolitik dan geostrategi terdapat dalam astra gatra


    2. Menurut saya yang terpenting itu mengubah pola fikir dan karakter masyarakat untuk mewujudkan tujuan nasional karena dengan pola fikir yang baik seseorang maka secara otomatis tujuan nasional akan tercipta. Misalnya, dengan pola fikir yang baik maka seseorang tidak akan membeda-bedakan antar sesama artinya tidak ada perbedaan diantara manusia yang satu dengan manusia yang lain baik itu dari sisi agama, suku, budaya dan bahasa (persatuan indonesia). Seperti yang terdapat dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika, Berbeda-Beda Tapi Satu jua. Dengan cara itu dengan rancangan undang-undang apapun pasti akan dijalankan, kalau pola fikir manusia baik.


    3. Cara mewujudkan masyarakat madani dilingkungan kita.
    Masyarakat madani merupakan impian dan harapan kita semua. Namun untuk menggapai sebuah kehidupan yang bebas, bersahabat, saling percaya, melindungi dengan pemerintahan yang jujur dan bertanggungjawab merupakan sebuah perjalanan panjang dan terjal. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:
    a. bertindak sesuai koridor-koridor hukum yang baik dan tidak seenaknya. Karena negara Indonesia dibentuk berdasarkan Hukum yaitu dengan Undang-Undang Dasar 1945 yang menjadi dasar bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    b. menghargai nilai-nilai keluhuran adat ketimuran, adat yang sopan santun, ramah kepada semua orang serta kekeluargaan.
    c. Menghargai yang lebih tua, saling mengayomi antara sesama dan mengasihi yang lebih muda.
    d. Memiliki sikap gotong royong dan saling membantu antar sesama.


    4. Menurut saya karakter masyarakat indonesia yang perlu dikembangkan adalah :
    a. Masyarakat indonesia harus memiliki jiwa semangat, selalu ingin maju dan patang menyerah karena dengan semangat dan jiwa pantang menyerah yang dimiliki masalah apapun dianggap mudah dalam enyelesaikan.
    b. Masyarakat idonesia harus memiliki sikap optimis dan percaya diri dalam menjalani sebuah kehidupan karena dengan sikap ini apapun langkah atau keputusan yang diambil pasti selalu berbuah manis dan tidak ada kata “ragu” dan terhindar dari sifat “lemah” dalam menjali hidup.
    c. Jauhkan diri dari sifat munafik.
    d. Selalu bertanggung jawab akan apa hasil yang dirainya. Secara tidak langsung manusia akan bersyukur atas apa yang telah diperbuatnya.
    e. Selalu memiliki jiwa seni untuk menciptakan sesuatu yang baru yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA : HABIB FAIZIN
      STAMBUK : 21122009
      FAKULTAS AGAMA ISLAM UMK


      1. JELASKAN HUBUNGAN SERTA PENTINGNYA GEOSTRATEGI DAN GEOPOLITIK DALAM RANGKA MEWUJUDKAN TUJUAN NASIONAL DAN KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA!

      Jawab :
      Hubungan serta pentingnya Geostrategi dan Geopolitik dalam rangka mewujudkan tujuan nasional dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu :
      • Wawasan nusantara merupakan system nilai yang pada dasarnya untuk mewujudkan Negara yang ideal yang ingin di ccapai
      • Sementara Ketahanan nasional adalah dunia nyata yang perlu di wujudkan melalui pembangunan nasional
      • Wawasan nusantara menentukan perwujudan ketahanan nasional dan ketahanan nasional menentukan lingkup volume, ketetapan politik dan ketetapan nasional
      • Berhasilnya politik dan strategi nasional menigkatkan ketahanan nasional, selanjutnya ketahanan nasional yang tangguh akan mendorong politik dan strategi nasional

      2. MENURUT SAUDARA, MANA YANG LEBIH PENTING DIANTARA MEMPERBAIKI DAN MERUMUSKAN UNDANG-UNDANG YANG SEIDEAL MUNGKIN ATAU MEMPERBAIKI POLA FIKIR DAN KARAKTER MASYARAKAT UNTUK MEWUJUDKAN TUJUAN NASIONAL.
      JELASKAN ALASANNYA DAN HUBUNGKAN DENGAN PANCASILA SEBAGAI LANDASAN HIDUP BERBANGSA DAN BERNEGARA!

      Jawab :
      kalau menurut saya untuk mewujudkan tujuan nasional tidak akan bisa terwujud hanya dengan memeperbaiki dan merumuskan undang-undang baru, ataupun hanya dengan memperbaiki pola fikir dan karakter msyarakat. Tetapi kedua hal tersebut harus di lakukan secara bersama-sama. Undang-undang yang telah ada harus di koreksi, di perbaiki, atau bahkan di rumuskan undang-undang yang baru agar supaya undang-undang tetap relevan dengan keadaan sekarang. Di sisi lain pola fikir dan karakter masyarakat juga harus di perbaiki. Paradigma ataupun cara pandang msyarakat harus sesuai dengan nilai-nilai pancasila begitu juga dengan pengaplikasianya dalam kehidupan sehari-hari. Dan jika kedua hal tersebut sudah di lakukan secara bersama-sama, tentunya untuk mewujudkan tujuan nasional bukanlah suatu hal yang sulit.

      Hapus
  2. Nam a : saena
    Stambuk : 21122008
    Program studi pendidikan agama islam

    1. jelaskan hubungan serta pentingnya geostrategi dan geopolitik dalam rangka mewujudkan tujuan nasional dan keutuhan negara kesatuan republik indonesia!
    jawab !
    hubungan geopolitik dan geostrtegi
    sebagai salah satu kesatuan negara kepulauan, secara konseptual, geopolitik indonesia dituangkan dalam salah satu doktrin nasional yang disebut wawasan nusantara dan politik luar negeri bebas aktif. sedangkan geostrategic indonesia diwujudkan melalui konsep ketahanan nasional yag bertumbuh pada
    perwujudan kesatuan ideology, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan,. dengan mengacu pada kondisi geografi bercirikan maritime, maka diperlukan srategi besar (grand srategi) maritime sejalan dengan doktrin pertahanan defensive aktif dan fakta bahwa bagian terluar wilayah yang harus dipertahankan adalah laut . implementasi dari strateg maritim adalah mewujudkan kekuatan maritime (maritime power) yang dapat menjamin kedaulatan dan integritas wilayah dari berbagai ancaman. selain itu hubungan geopolitik dan geostrategic terdapat dalam astra gasta.

    2. menurut saudara, mana yang lebih penting diantara memperbaiki dan merumuskan undang-undang yang seideal mungkin atau memperbaiki pola fikir dan karakter masyarakat untuk mewujudkan tujuan nasional.
    jelaskan alasannya dan hubungkan dengan pancasila sebagai landasan hidup berbangsa dan bernegara!
    Jawab !
    Menurut saya kedua-dua penting untuk dirubah karena
    1. undang-undang perlu dibanahi juga agar mampu mewakili dari aspirasi mayarakat karena undang-undang yang dibuat para wakil rakyat masih blum mewakili aspirasi masyarakat sekarang hanya mengikuti kemauan dari wakil rakyat itu sendiri.
    Sesuai Undang - Undang No. 39 Tahun 1999 pasal 2
    Negara Republik Indonesia mengakui dan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kebebasan dasar manusia sebagai hak yang secara kodrati melekat pada dan tidak terpisahkan dari manusia, yang harus dilindungi, dihormati, dan ditegakkan demi peringatan martabat kemanusiaan, kesejahteraan, kebahagiaan, dan kecerdasan serta keadilan.


    2. karakter dari masyarakat juga perlu dibenahai karena untuk menciptakan tujuan nasional harus dimulai dari pribadi individu di masyakat tersebut

    3. bagaimana mewujudkan masyarakat madani di lingkungan anda?
    jawab !

    cara mewujudkan masyarakat madani di lingkungan saya yaitu :
    1. mengintegrasikan individu-individu dan kelompok-kelompok ekslusif kedalam masyarakat melalui kontrak sosial dan aliansi sosial.
    2. menyebarnya kekuasaan sehingga kepentingan-kepentingan yang mendominasi dalam masyarakat dapat dikurangi oleh kekuatan-kekuatan alternatif.
    3. membuat kelengkapan program-program pembangunan yang didominasi oleh negara dengan program-program pembangunan yang berbasis masyarakat.
    4. aparatur setempat mampu menjembatani kepentingan-kepentingan individu dari masyarakat karena keanggotaan organisasi-organisasi volunter mampu memberikan masukan-masukan terhadap keputusan-keputusan pemerintah.
    4. jelaskan (menurut saudara) karakter masyarakat indonesia yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan “indonesia sebagai negara maju”!
    jawab !
    karakter yang perlu dikembangakan agar indonesia menjadi negara maju yaitu :
    1. membentuk karekter masyarakat yang mampu menjadi wirausahawan yang mandiri sehingga mampu menciptakan lapangan kerja dan menumbuhkan perkembangan ekonomi karena untuk membuat suatu negara maju hanya diperlukan wirausahawan sebanyak 2% dari jumlah penduduk dan di indonesia masih belum mencukupi
    2. membentuk pribadi dari individu yang berbasic tepat waktu (on time ) dan mampu melakukan pekerja jaan secara cepat tepat dan efisien
    3. mampu menciptakan teknologi yang mampu mendaur ulang hasil-hasil dari limbah masyarakat menjadi bahan yang tepat guna

    BalasHapus